Sebelum Memasang, Yuk Kenalan Dulu Dengan Lantai Parket Kayu

Selain keramik ada jenis lantai lain yang jadi favorit. Salah satu di antaranya adalah lantai parket. Lantai parket bisa juga disebut lantai kayu. Lantai parket terbuat dari kepingan kayu yang sudah diolah dan dibentuk berupa potongan kayu yang siap diaplikasikan ke lantai. Ada juga yang berupa kayu asli atau dalam dunia properti disebut kayu solid. 

Lantai parket yang terbuat dari kayu solid tentu harganya lebih mahal, ketimbang lantai parket dari kayu olahan atau yang disebut lantai parket laminate. Perawatannya pun khusus dan tidak bisa sembarangan. Kayu original yang biasa digunakan untuk lantai parket misalnya saja kayu jati. Parket olahan, jadi pilihan bagi mereka yang ingin menggunakan lantai parket. 

Dari penampilan, lantai parket memang lebih menarik ketimbang lantai biasa. Kesan alami, elegan, dan klasik didapat dari lantai berwarna cokelat kayu tersebut. Selain rumah huni, biasanya lantai parket digunakan untuk penginapan, villa, atau gazebo.

Parket laminate terdiri dari beberapa lapis bahan. Lazimnya ada empat jenis bahan yang digunakan. Pada laposan paling bawah atau lapisan pelindung digunakan melamin, yang berfungsi melindungi kayu dari kelembapan. Kemudian bahan utama atau medium density fiberboard (mdf) atau high density fiberboard (hdf). Kemudian barulah lapisan motif kayu, karena mdf dan dhf tidak bermotif.  

Anda tertarik untuk menggunakan lantai parket di rumah atau tempat usaha? Sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakannya. Berikut ini kekurangan dan kelebihan apabila menggunakan lantai parket. 

  • Artistik

Lantai parket memang lebih artistik ketimbang keramik. Terbuat dari potongan kayu, lantai parket dapat disusun secara simetris dan tidak mengikuti pakem lurus seperti lantai keramik. Modelnya pun beragam, dan motif yang adapun membuat rumah lebih artistik dan elegan. Selain itu lantai Anda juga lebih leluasa ketika finishing lantai parket.  Itu bisa memberikan kesan hangat dan elegan pada lantai parket Anda. 

  • Perawatan Mudah 

Tak perlu khawatir,perawatan lantai parket relatif mudah. Ini adalah solusi bagi Anda yang mengingkan rumah senantiasa bersih dan rapi tanpa perawatan yang sulit. Asal jangan biarkan air menggenang terlalu lama, karena itu dapat menyebabkan lantai cepat keropos. 

  • Harga Terjangkau 

Penting juga diketahui, bahwa lantai parket ini dibanderol dengan harga yang terjangkau. Apalagi sekarang ada berbagai variasi lantai parket yang ada di pasaran. Anda bisa memilih bahan, motif, dan finishing lantai parket yang sesuai dengan kantong. 

  • Pemasangan

Perlu Anda ketahui, memasang lantai parket tidaklah sama seperti memasang lantai keramik. Anda harus memastikan permukaan lantai yang akan dipasangi lantai solid benar-benar rata dan tidak bergelombang. Itu sebabnya banyak yang melakukan penyemenan ulang atau memasang keramik atau tegel biasa terlebih dahulu untuk memastikan permukaan lantai benar-benar rata. 

  • Rentan Basah Dan Goresan

Jika Anda memilih lantai parket sebagai interior rumah, pastikan tidak ada orang lanjut usia yang tinggal. Pasalnya lantai parket punya sifat licin apabila terkena air. Anda harus berhati-hati dan segera mengepel lantai apabila terdapat tumpahan air atau basah. Selain itu, lantai parket juga rentan terhadap goresan benda tajam dan tumpul  Pastikan aman ketika Anda memindahkan furniture dan juga ketika memotong menggunakan pisau atau gunting di lantai.  

Demikian kekurangan dan kelebihan lantai parket yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya. Apakah Anda sudah semakin mantap untuk menggunakan lantai parket? 

Hubungi Shunda Plafon di email shunda.pinangsia@gmail.com atau kunjungi websitenya di ShundaProject.com atau kontak di no. 021-623-033-90 sekarang juga untuk kebutuhan plafon Anda! Kunjungi juga showroom Shunda di Jl. RS Fatmawati no 5F, Cipete, Jakarta Selatan, 021-724-6333, (Mon-Sat 09.00-17.00)