fbpx

Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Palfon Gypsum

Plafon adalah bagian dari rumah yang penting akan tetapi sering terabaikan. Fungsinya bukan sekadar untuk menutupi rangka atap, akan tetapi juga untuk aksesori rumah. Ada yang memilih menggunakan triplek atau papan kayu untuk dijadikan plafon. Ada juga yang menggunakan gypsum dengan berbagai model untuk dipasang sebagai plafon.

Jika memiliki dana berlebih, tentunya Anda bisa memilih gypsum dengan bahan terbaik. Pasalnya plafon termasuk  bagian penting dari rumah. Jika plafon bolong akan berpotensi  bocor dan masuknya kotoran dari atap rumah. 

Gypsum adalah pilihan plafon yang tepat. Harganya memang sedikit lebih mahal,akan tetapi lebih tahan lama sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran karena pemakaian plafon gypsum tahan lama jika dibandingkan dengan plafon yang terbuat dari triplek. Gypsum adalah bebatuan yang digunakan orang Mesir zaman dahulu sebagai salah satu bahan dasar bangunan. 

Sebelum membangun atau merenovasi rumah, tentunya Anda ingin mengetahui apa kekurangan dan kelebihan plafon gypsum. Berikut ini kekurangan dan kelebihannya. 

  • Tampilan Menarik 

Kelebihan dari plafon gypsum adalah, tampilannya yang menarik dan nyeni. Selain itu plafon gypsum juga terlihat lebih bersih ketimbang plafon triplek. Penampilannya yang artistik mampu memberikan kesan rumah yang biasa menjadi mewah atau lebih elegan. Plafon gypsum juga terlihat mulus, sehingga tidak terlihat sambungan antar-plafon. Akan tetapi, plafon gypsum tidak tahan air. Jika terkena tetesan air hujan dalam intensitas yang tinggi dan sering maka perlahan akan menyebabkan kebocoran. Itu sebabnya begitu mengetahui ada kebocoran, Anda harus segera memperbaikinya, agar tidak semakin meluas.

  • Banyak Model 

Tak melulu polos, plafon gypsum juga memiliki banyak pilihan. Ada beragam plafon dengan aksesori dan ukiran yang bisa jadi pilihan. Anda bisa memilih plafon gypsum dengan hiasan pinggir, hiasan sudut, hiasan tengah, atau di bagian pinggir. Anda dapat menyesuaikan dengan selera. Apalagi desain plafon gypsum kekinian juga bisa menjadi pilihan untuk mempercantik rumah Anda.

Anda juga bisa memilih plafon gypsum dengan model bertingkat. Model ini biasanya digunakan untuk ruangan yang besar sehingga dapat mencolok dan ruangan tidak terkesan penuh atau pengap.

Plafon gypsum memang terlihat lebih kinclong dan mulus. Agar lebih awet, sekali waktu Anda dapat melapisinya dengan cat antiair. Tujuannya agar plafon lebih awet dan juga menghilangkan kusam akibat usia plafon yang sudah lama. 

  • Perawatan Mudah 

Kelebihan plafon gypsum lainnya adalah pemasangannya yang relatif murah dan mudah. Selain itu, perawatannya pun tidak terlalu sulit. Anda tidak perlu mengganti secara keseluruhan apabila ada kerusakan. Selain itu, Anda dapat membersihkannya dengan alat-alat kebersihan yang ada di rumah. Namun Anda juga perlu berhati-hati karena plafon gypsum ini sangat rentan terhadap benturan. Ini yang perlu diperhatikan ketika proses pemasangan. Sebisa mungkin plafon gypsum dipasang oleh ahlinya untuk mengurangi risiko benturan. Namun demikian benturan pasca pemasangan tentu tak dapat dihindarkan, misalnya saja ada bencana alam, ada benda keras yang jatuh sehingga menyebabkan genteng pecah dan plafon pun terkena imbasnya. 

Selain gypsum adalagi pilihan plafon lain seperti GRC, triplek, dan juga PVC. Masin-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihan untuk menggunakan jenis plafon apa, tentunya juga disesuaikan dengan budget yang ada. Pastikan Anda memilih plafon yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Setuju?

Hubungi Shunda Plafon di email shunda.pinangsia@gmail.com atau kunjungi websitenya di ShundaProject.com atau kontak di no. 021-623-033-90 sekarang juga untuk kebutuhan plafon Anda! Kunjungi juga showroom Shunda di Jl. RS Fatmawati no 5F, Cipete, Jakarta Selatan, 021-724-6333, (Mon-Sat 09.00-17.00)